Sunday 3 February 2013

6 Tips Buat Tubuh 'Berolahraga' Walau Seharian di Kantor


Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menghabiskan waktu duduk seharian di kantor. Apakah Anda tahu terlalu lama duduk dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan kesehatan? Sebagai contoh misalnya serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Sebuah survei telah dilakukan di Universitas Minnesota dan Mayo Clinic terhadap 30 karyawan dari Caldrea yang menyatakan bahwa karyawan yang bekerja sambil berdiri memiliki tubuh yang lebih sehat dibanding dengan karyawan yang hanya duduk seharian. Survei dilakukan kepada orang - orang yang disuruh bekerja sambil berdiri sambil diawasi monitor pengawas sampai waktu yang telah ditentukan.

Haruskah berdiri beberapa jam saat sedang di kantor? Anda tidak perlu melakukan hal itu. Simak enam langkah di bawah ini yang dapat membantu tubuh Anda tetap aktif meskipun bekerja seharian di kantor, seperti dikutip dari Hufftington Post.

1. Bentuklah Postur Tubuh.
Menurut Occupational Safety & Health Administration (OSHA), di Amerika, komputer yang berada seharian di depan Anda dapat menyebabkan sakit kepala. Aturlah posisi komputer dihadapan anda agar tanga anda tetap lurus dan siku menempel di meja. Supaya leher tidak pegal, layar komputer harus sejajar dengan mata. Kemudian aturlah agar siku dibawah membentuk sudut 90 derajat dan telapak kaki mengenai lantai. Duduk dengan posisi 90 derajat akan membuat anda tetap tegak dan fit. Hal ini juga dapat mengurangi rasa stress anda.

2.Usahakanlah menggunakan tangga daripada lift.
Jangan terlalu memanjakan tubuh anda dengan naik lift ketika ingin ke tempat kerja anda. Mulailah untuk menaiki tangga dan membuat otot - otot anda lebih banyak beraktifitas. Dengan mendaki 3 hingga 5 tumpuan tangga dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

3.Cobalah untu mengganti alas duduk dengan permukaan yang tidak rata.
Saya yakin, anda pasti nyaman dengan kursi yang empuk dan rata. Namun, tidak ada yang salah apabila sekali - kali mengganti permukaan kursi dengan yang tidak datar. Anda bisa gunakan kursi balon atau kursi yang berbentuk bola. Jika Anda malu memakai kursi tersebut, Anda bisa tambahkan bantal di atas alas duduk. Karena hal seperti itu akan membuat otot kaki dan bokong menjadi lebih aktif. Untuk menjaga posisi agar tetap pas, maka jaga jarak mata anda dengan komputer.

4.Anda bisa berjalan - jalan sebentar untuk merenggangkan otot.
Saat berjalan - jalan maka tubuh anda akan lebih rileks. Jalan di sini bukan berarti Anda harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Anda dapat manfaatkan kesempatan untuk berdiri atau berjalan menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, anda bisa bertanya kepada atasan anda tentang hasil kerja anda. Daripada mengirimkan nya dengan email, akan lebih baik bila anda menyerahkannya langsung sehingga anda akan lebih banyak bergerak. Atau bisa juga sambil berjalan berdiskusi dengan rekan kerja.

5.Lakukan meeting diluar kantor.
Dengan seperti itu, maka rasa penat dan stress akan menghilang. Dan juga, melakukan meeting di luar dapat menghindarkan anda dari duduk terlalu lama dan meningkatkan energi.

6.Olahraga di Tempat
Anda tidak harus berlari bermil - mil untuk membuat anda terhindar dari kebanyakan duduk. Otot dapat lebih banyak beraktifitas dengan melakukan olahraga ditempat tentunya akan membuat tubuh anda menjadi tidak kaku. Misalnya, angkat kedua tangan, lalu gerakkan ke kiri dan kanan. Atau dengan menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, dan tangan didagu. (Kalau yang ini pernah dengar, tetapi rasanya tangan tidak didagu.. ) Dengan seperti itu, anda akan menjadi lebih fresh dan sehat. Olahraga semacam ini juga dapat mengurangi ketegangan saraf dalam tubuh, terutama bagian leher, pinggang, dan punggung.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment