Monday 10 December 2012

Olahraga Pagi Lebih Melelahkan Ketimbang Sore?


Banyak orang yang melakukan olahraga pada pagi hari untuk kesehatan. Beberapa orang mengatakan bahwa olahraga pagi ternyata lebih melelahkan dibandingkan dengan olahraga pada sore hari. Apa sebabnya?

Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena orang yang melakukan olahraga pagi tidak mengisi energinya terlebih dahulu, sehingga tubuh akan terasa lebih cepat lelah.

Walau begitu, ada beberapa penyebab kenapa orang merasa lebih lelah ketika olahraga pagi seperti yang dikutip dari livestrong, jumat 9 maret 2012, yaitu :

1. Kecukupan bahan bakar.
Kelelahan di pagi hari bisa disebabkan oleh pasokan bahan bakar yang rendah. Pada pagi hari, energi yang terdapat dalam tubuh adalah nol, karena energi saat makan malam sudah habis dicerna, oleh karena itu perlu diisi kembali bahan bakar dengan sarapan yang bergizi 2 jam sebelum olahraga.

Jika olahraga langsung setelah bangun tidur dan tidak sempat sarapan, maka konsumsilah minuman olahraga atau makanan ringan paling tidak 20 menit sebelum olahraga. Karena jika tidak, maka akan terjadi kelelahan ekstrim dan lesu yang disebabkan bahan bakar dalam tubuh benar - benar kosong. Namun pada sore hari, tubuh masih menyimpan banyak energi.

2. Suhu tubuh
Suhu tubuh dari pagi sampai sore terus meningkat. Seiring dengan peningkatan suhu, maka otot menjadi lebih fleksibel dan tangkas sehingga tidak mengalami kelelahan. Jika olahraga pagi hari maka butuh waktu lebih lama untuk mempersiapkan otot seperti pemanasan dan peregangan. Jika tidak melakukan pemanasan, tubuh akan lebih cepat lelah.

3. Ritme sirkadian tubuh
Ritme sirkadian adalah irama internal dari otak yang mengatur fungsi seluruh tubuh. JIka pada malam hari kita kurang tidur, maka pada pagi hari irama sirkadian akan melemah. Hal itu dapat mempengaruhi tingkat energi, tekanan darah, denyut jantung, sehingga lebih cepat lelah.

4. Kebiasaan setiap individu.
Kebiasaan setiap orang mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap waktu ideal dalam berolahraga orang tersebut. Untuk sebagian orang, pagi hari adalah cara sempurna untuk memulai hari, tetapi sebagian lain mengatakan bahwa sore hari lebih efektif. Sebab jika ia tidak terbiasa olahraga pada pagi hari, maka ketika ingin memulai olahraga pada pagi hari, akan lebih cepat lelah.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment