Thursday 22 November 2012

Mengenal Manfaat Di Balik Diet


Mendengar kata diet, kerap kali pikiran terbawa pada sebuah pola makan yang bertujuan mencapai tubuh langsing. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena diet pun bisa bermanfaat untuk mencapai tujuan kesehatan lainnya.

Mengacu pada Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga 2009 keluaran Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), diet adalah “Berdasarkan Kamus gizi pelengkap kesehatan keluarga 2009, diet memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan, atau penurunan berat badan”. Dikarenakan hal itu, maka tak heran sekarang diet pun memiliki banyak jenis dari diet rendah kalori, diet rendag protein, diet jantung, diet rendah gula, diet rendah garam, hingga diet rendah purin (untuk penderita gout atau asam urat).

Sekarang, lihatlah kembali bagaimana tubuh kita bekerja. Tubuh itu seperti mesin, tidak pernah berhenti bekerja. Setiap organ di tubuh kita memiliki peran untuk menunjang produktivitas kita. Tubuh kita juga membutuhkan bahan bakar seperti layaknya mesin, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari sehingga makanan itu haruslah sesuai dengan jumlah aktifitas kita setiap hari. Lalu, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita itu tidak bisa sembarang. Pasalnya, apabila banyak zat buruk masuk ke dalam tubuh, otomatis dapat menghambat kerja dan metabolisme, serta melemahkan daya tahan tubuh. Sebagai contoh misalnya makanan hewani yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan sarat lemak tak jenuh.

Dalam jumlah yang tepat, lemak sebenarnya dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga atau kalori, sama pentingnya dengan nutrisi lain semisal protein, karbohidrat, dan mineral. Pasalnya, aktifitas dan elemen nutrisi yang cukup akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan menunjang kesehatan. Para pakar sudah mengatakan bahwa untuk mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang maka makanlah beragam macam makanan. Tetapi sering kali orang memandang konsep ini sebagai salah kaprah.

Karena ingin makanan yang bervariasi, akhirnya justru sembarang makan dan tidak melihat lagi nilai gizi yang ada di makanan tersebut. Hal ini akan memicu banyak gangguan kesehatan dan penyakit. Sebut saja seperti obesitas, tekanan darah tinggi, hiperkolesterolemania, diabetes, dan penyakit jantung koroner (PJK). Dari sinilah kita kembali disadarkan bahwa pengaturan pola makan yang tepat dan seimbang diperlukan agar tubuh pun berdaya guna secara optimal. Jadi, lakukan diet yang baik dan sesuai kebutuhan tubuh.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment