Thursday 15 November 2012

Manfaat Kunyit Selain Sebagai Bumbu Dapur


Kunyit yang memiliki nama latin curcuma domestic sering sekali dimanfaatkan sebagai bumbu dapur/masakan. Tetapi apakah anda tahu bahwa kunyit sangat baik bila digunakan sebagai obat alami?

Kunyit ini dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman kunyit merupakan tanaman asia tenggara dan sangat bagus untuk mengobati penyakit maupun untuk menjaga kesehatan bahkan juga sampai digunakan untuk bahan kosmetik perawat kecantikan.

Kunyit Untuk Kesehatan

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kunyit untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, diketahui dalam kunyit terdapat berbagai kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh. Berikut ini zat yang terkandung dalam kunyit yaitu seperti kalium, mineral, fosfor, minyak asiri, meka, karbohidrat, protein, senyawa kurkuminoid (kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin).

Beberapa nenek moyang kita telah mengetahui manfaat kunyit dan menggunakannya sebagai obat tradisional. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan bahan dari kunyit yang dicampur dengan asam kawak untuk dibuat salep bila kaki terluka, lalu bisa juga menyembuhkan gusi bengkak dengan menggunakan air rebusan kunyit yang dicampur dengan gambir.

Untuk mengatasi kaki bengkak, kita dapat menggunakan salep kunyit dengan campuran minyak kelapa. Dan juga cairan penyebab bengkak dapat dikeluarkan, kunyit bila di remas - remas dan campur dengan biji cengkeh dan bunga melati juga dapat mengobati penyakit kulit dan radang hati. Jika Anda memiliki keluhan dengan reumatik atau sakit bengkak, Anda dapat membuat obat luar dari akar kunyit yang diremas.

Memperoleh Manfaat dari Kunyit

Dibawah ini adalah resep - resep yang dapat diikuti dan cukup baik dengan menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya :

  1.     Sebagai obat penyakit tifus. Persiapkanlah 1 lembar daun sambiloto, 1 bonggol sere, dan 2 rimpang kunyit. Sebelum di pakai, semua bahan dicucikan dulu, lalu di tumbuk halus dan dipipis, tambahkan segelas air hangat dan saring hingga mendapatkan sarinya, lalu minum air hasil saringan itu.
  2.     Kunyit sebagai obat Diabetes mellitus. Siapkan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Kemudian rebus dengan 1 liter air, dan minum air tersebut 2x seminggu.
  3.     Kunyit sebagai obat Usus buntu. Pertama, sediakan garam, gula, 1 butir buah jeruk, dan 1 rimpang kunyit. Kunyit diparut, kemudian campur dengan perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit gula aren dan garam secukupnya, lalu seduh dengan 1 gelas air panas, dan minum air hasil saringannya setiap pagi secara teratur.

dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment