Tuesday 4 December 2012

Tips - Tips Berikut Ini Untuk Olahraga Walau Seharian Di Kantor


Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menghabiskan waktu duduk seharian di kantor. Apakah anda tahu bahwa sangat membahayakan apabila kita duduk terlalu lama? Contohnya adalah serangan seperti obesitas, jantung, dan diabetes.

Survei yang diadakan oleh Universitas Minnesota dan Mayo Clinic terhadap 30 karyawan dari Caldrea mengungkapkan bahwa karyawan yang bekerja sambil berdiri dalam beberapa waktu lebih sehat dan berenergi daripada yang duduk seharian penuh. Survei dilakukan dengan cara berdiri ketika bekerja selama beberapa jam dengan monitor pengawas agar mereka tidak duduk sampai waktu yang telah ditentukan.

Apakah berdiri beberapa jam di kantor itu diperlukan? Anda tidak perlu melakukan hal itu. Berikut ini adalah 6 tips yang akan membantu anda dalam membuat tubuh anda menjadi lebih aktif seperti yang dikutip di Huffington Post.

1. Bentuklah Postur Tubuh.
Penelitian yang telah dilakukan di Occupational Safety dan Health Administration (OSHA) di Amerika menyatakan bahwa berada di depan komputer seharian dapat menyebabkan sakit kepala. Jagalah posisi duduk anda terhadap komputer dengan membuat tangan anda tetap lurus dan siku menempel di meja. Setelah itu, supaya leher tidak pegal, maka sejajarkan komputer dengan jarak pandang mata. Kemudian aturlah agar siku dibawah membentuk sudut 90 derajat dan telapak kaki mengenai lantai. Duduk dengan posisi 90 derajat akan membuat anda tetap tegak dan fit. Hal ini juga dapat mengurangi rasa stress anda.

2.Usahakanlah menggunakan tangga daripada lift.
Ketika ingin ke ruang kerja anda, jangan manjakan diri anda dengan menaiki lift terus. Mulailah untuk menaiki tangga dan membuat otot - otot anda lebih banyak beraktifitas. Dengan menaiki tangga 3 - 5 lompatan sekali anda dapat membakar kalori lebih banyak.

3.Cobalah untu mengganti alas duduk dengan permukaan yang tidak rata.
Mungkin Anda sudah nyaman dengan kursi yang alasnya empuk dan rata. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti alas kursi dengan permukaan yang tidak datar. Misalnya dengan menggunakan kursi yang berbentuk balon (?). Jika Anda malu memakai kursi tersebut, Anda bisa tambahkan bantal di atas alas duduk. Karena dengan seperti itu, otot kaki dan sekitar bokong akan lebih aktif. Untuk menjaga posisi agar tetap pas, maka jaga jarak mata anda dengan komputer.

4.Manfaatkan Sedikit Waktu untuk Berjalan-jalan
Rilekskan tubuh Anda dengan berjalan-jalan. Jalan di sini bukan berarti Anda harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Anda bisa menggunakan waktu untuk berjalan atau berdiri sambil  menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, anda bisa bertanya kepada atasan anda tentang hasil kerja anda. Anda lebih baik menghampirinya langsung daripada harus mengirimkan email yang membuat Anda tidak banyak bergerak. Atau bisa juga sambil berjalan berdiskusi dengan rekan kerja.

5.Lakukan meeting diluar kantor.
Dengan seperti itu, maka rasa penat dan stress akan menghilang. Selain itu, Anda lebih sehat karena meeting yang dilakukan di luar dapat meningkatkan energi dan terhindar dari duduk yang terlalu lama.

6.Berolahraga ditempat.
Untuk menhindari efek dari kebanyakan duduk anda tidak harus berlari bermil - mil. Otot dapat lebih banyak beraktifitas dengan melakukan olahraga ditempat tentunya akan membuat tubuh anda menjadi tidak kaku. Contoh mudahnya adalah dengan mengangkat kedua tangan kemudian gerakkan kekiri dan kekanan. (Senam apaan ni?) Atau bisa juga dengan letakkan tangan di dagu, kemudian tengokkan ke kiri dan kanan.. (kalo yang ini kayaknya pernah dengar.) Dengan seperti itu, anda akan menjadi lebih fresh dan sehat. Olahraga semacam ini juga dapat mengurangi ketegangan saraf dalam tubuh, terutama bagian leher, pinggang, dan punggung.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment