Thursday 13 December 2012

Cokelat Baik Untuk Diet


Hari ini membawakan sebuah berita yang cukup kontroversial tetapi akan merubah fakta yang sebelumnya yaitu menyatakan bahwa makan coklat tidak memiliki pengaruh dengan bertambahnya berat badan dan itu sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian dan eksperimen.

Para penggemar cokelat yang khawatir tubuhnya akan menggemuk karena terlalu sering makan penganan manis ini, kini bisa bernapas lega. Penelitian menunjukkan bahwa coklat justru dapat membuat orang menjadi lebih kurus bukan membuat orang menjadi gemuk.

Meskipun cokelat mengandung banyak kalori, tapi menurut penelitian, mereka yang makan cokelat secara rutin setiap hari memiliki lemak tubuh lebih sedikit dibandingkan yang jarang makan cokelat. Oleh sebab itu, peniliti memperkirakan bahwa kalori yang terdapat pada cokelat bukanlah kalori pada umumnya.

Justru kandungan yang terdapat pada cokelat akan membuat metabolisme dalam tubuh bekerja lebih keras seperti yang dilansir oleh Daily Mail. Itu berarti lemak - lemak yang sudah ada didalam tubuh bisa diimbangi dengan mengkonsumsi cokelat. Efek metabolisme yang ditimbulkan karena bahan-bahan tertentu ini menjadikan cokelat sebagai penganan yang bisa melangsingkan tubuh karena 'menetralkan' kalori.

Namun, walaupun begitu, penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini tidak mengatakan secara spesifik cokelat seperti apa yang baik untuk tubuh. Pemimpin penelitian dari University of California, Dr. Beatrice Golomb menyebutkan, " Penemuan ini memperlihatkan bahwa berat badan juga dipengaruhi oleh komposisi kalori. Jadi bukan hanya jumlah kalorinya saja. Pada kasus cokelat, ini merupakan kabar bagus, baik bagi mereka yang hobi makan cokelat maupun hanya iseng-iseng ingin mencoba (makan cokelat)."

Kesimpulan itu diambil setelah Dr Beatrice melakukan analisa terhadap kebiasaan makan cokelat pada 972 pria dan wanita, dengan usia rata2 57 tahun. Awalnya, penelitian tersebut dilaksanakan untuk mempelajari statins, yaitu sejenis obat untuk menurunkan kolesterol.

Partisipan yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung tersebut diajukan sejumlah pertanyaan seputar pola diet dan gaya hidup mereka. Salah satu pertanyaan tersebut, 'Berapa banyak Anda mengonsumsi cokelat dalam seminggu?Selain itu, indeks massa tubuh mereka juga sudah dicatat.

Dan hasil temuan mereka sungguh mengejutkan. Hasil studi menunjukkan bahwa responden yang lebih sering makan cokelat dalam seminggu, secara statistik memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan pemakan cokelat biasa (tidak terlalu sering).

Penelitian tersebut juga membawa pengaruh bahwa banyak sedikitnya cokelat tidak terlalu berpengaruh terhadap naik atau turunnya berat badan. Justru, cokelat mengandung zat yang dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Epicatechin, salah satu senyawa kimiawi yang terdapat pada cocoa, terbukti bisa meningkatkan jumlah mitokondria --tempat berlangsungnya respirasi sel, metabolisme asam lemak dan penghasil energi.

Epicatechin ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan mitokondria bertugas membakar kalori. Lalu, yang membuat cokelat menjadi memiliki rasa pahit yaitu antioksidan thebromine. Zat ini bermanfaat memperluas pembuluh darah, meningkatkan kesehatan jantung dan sering digunakan untuk merawat penderita hipertensi.

Namun perlu diingat, sesuatu yang berlebihan tidak akan pernah berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Makan cokelat tetap perlu dibatasi walau penelitian mengatakan bahwa cokelat tidak menyebabkan berat badan. Makan cokelat setiap hari boleh, tetapi dalam porsi kecil.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment