Monday 3 September 2012

Karbohidrat, Zat Yang Sangat Penting Untuk Makhluk Hidup


Karbohidrat atau istilah kimianya ‘sakarida’ merupakan zat yang sangat penting untuk makhluk hidup. Sebab zat ini dibutuhkan tubuh sebagai cadangan makanan, bahan/materi pembangun dan juga bahan bakar. Kalau kita sudah belajar kimia, karbohidrat itu terbagi menjadi 3 bagian yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Tumbuhan juga membutuhkan karbohidrat. Karbohidrat yang dibutuhkan tumbuhan di dapatkan dari proses fotosintesis atau kalau lebih spesifiknya dari karbon dioksida.

Walaupun begitu, ada sebagian orang yang tidak di perbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat karena alasan tertentu misalnya karena penyakit diabetes atau sedang ingin diet. Walaupun begitu, kita yang sehat tidak perlu menghindari karbohidrat. Sebenarnya, Karbohidrat itu tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita bila kita bisa mengkonsumsinya dengan cara yang benar.

Tubuh kita memang perlu karbohidrat, bahkan beberapa jenis karbohidrat sangat baik untuk tubuh dan dapat menjadi pengontrol berat badan.

Lalu, Bagaimana cara untuk memilih sumber karbohidrat yang tepat?

Berikut ini adalah tips - tips yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh kamu :

  1.  Sumber karbohidrat itu berasal dari makanan yang berserat seperti buah dan sayuran.
  2.  Biji2 an juga termasuk salah satu sumber karbohidrat.
  3.  Berikutnya, karbohidrat juga bisa didapatkan dari kacang2 an seperti kacang polong.
  4.  Susu rendah lemak juga merupakan sumber dari karbohidrat.
  5.  Sebaiknya, kamu juga harus untuk membatasi konsumsi gula tambahan.


Asupan karbohidrat yang sehat dan baik selalu memperhatikan keseimbangan kebutuhan gula. Sebenarnya gula itu berfungsi untuk membantu membersihkan saluran pencernaan, dan sumber energi. Untuk memperoleh asupan karbohidrat yang cukup. kamu tidak harus selalu mengkonsumsi nasi, roti ataupun gandum. Karena kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari apa saja misalnya buah - buahan.

Yang harus kita perhatikan adalah keseimbangan karbohidrat sederhana dan kompleks yang terdapat dalam tubuh kita. Jadi, jangan sampai salah satu berlebihan atau kekurangan. Tanda tanda jika tubuh kita kekurangan karbohidrat sederhana, tubuh akan terasa sangat lemas. Tetapi bila kamu sering terkena penyakit diare, atau saluran pencernaan kamu terganggu, itu tandanya kamu kekurangan karbohidrat kompleks.

Jadi mulai sekarang perhatikanlah asupan karbohidrat dalam makanan kamu. Kurangi asupan makanan yang mengandung gula tambahan dan usahakan untuk memperoleh sumber karbohidrat dari buah-buahan/sayuran.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment