Sunday 30 September 2012

Fungsi Tomat Untuk Kesehatan


Siapa yang tidak kenal dengan buah yang memiliki nama latin Lycopersicon esculentum ini. Tomat adalah salah satu buah yang sering dipakai ibu kita untuk memasak. Tomat ini bermanfaat untuk memberikan cita rasa asam pada masakan. Tetapi selain memberikan rasa manfaat, tomat juga memiliki manfaat lain yang tak kita ketahui.

Kita sudah sering menemui makanan dan jajanan cepat saji. Kita juga sudah sering mengkonsumsi makanan2 kemasan.Walaupun begitu, kita pasti akan mulai berpikir tentang kebiasaan makan seperti itu. Kecenderungan orang orang untuk mulai mengenal hidup sehat patut kita hargai. Tomat yang olah dalam bentun minuman jus, saos tomat yang dibikin dari dapur Anda dapat menjadi salah satu alternatif untuk memulai hidup sehat, mengingat manfaat tomat yang banyak.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat tomat ,akan lebih baik jika kita mengetahui kandungan gizi yang terkandung di dalam tomat. Kandungan yang terdapat pada 100 gram tomat yaitu :

  1.  fosfor 27 gm
  2.  kalium 360 mg
  3.  besi 6 mg
  4.  vitamin A 1000 UI
  5.  vitamin K
  6.  vitamin C 23 mg
  7.  kalsium 11 mg
  8.  Thiamine 56 mg
  9.  Protein 1 gram


Peran Tomat Bagi Kesehatan

Ini adalah manfaat tomat yang bisa kita dapat untuk kesehatan tubuh kita :
Kesehatan kulit merupakan salah satu manfaat tomat

Tomat yang dikonsumsi rutin tiap hari mampu merawat kulit dari dalam tubuh. Tomat juga bisa menghilangkan kerutan yang muncul ketika kita mulai tua.

Jerawat juga bisa diobati oleh tomat. Berikut ini cara memanfaatkan tomat untuk jerawat : Matangkan tomat, kemudian potong kecil - kecil setelah itu oleskan pada wajahmu. Lakukan secara rutin.

Kulit wajah juga akan tampak lebih bersih dari lemak, dan juga kotoran yang merupakan fungsi dari asam sitrat yang terdapat dalam tomat.

Resiko kanker prostat juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi tomat.

Resiko kanker prostat akan menurun 21 - 43% hanya dengan mengkonsumsi tomat secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Kesehatan mata juga merupakan manfaat dari tomat.

Beta carotene merupakan salah satu kandungan pada tomat yang cukup tinggi. Beta caroten ini bermanfaat bagi kesehatan mata.

Tomat untuk pencernaan dan nafsu makan.

Tomat memiliki kandungan garam mineral yang cukup tinggi. Air liur dirangsang dengan menggunakan garam - garam mineral ini. Air liur mengandung enzim enzim yang diperlukan bagi pencernaan. Enzim - enzim yang dikeluarkan oleh tomat memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, sedangkan mineral - mineral yang terkandung dalam tomat itu berfungsi untuk menambah nafsu makan.

Tomat juga berfungsi sebagai anti radang dan anti oksidan.

Tomat mengandung vitamin C dan karoten yang berfungsi sebagai anti oksidan dan akan melawan radikal bebas, lalu tomat juga mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang.

sebagai catatan bahwa tomat yang dimaksut disini adalah tomat yang kadang disebut masyarakat sebagai buah tomat ataupun tomat sayur.

Semoga artikel ini berguna buat kamu untuk mendapatkan hidup lebih sehat.
dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

No comments:

Post a Comment